Minggu, 10 Februari 2013

Darah


Darah
Darah merupakan cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup (kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.
Pengertian Darah
Darah adalah cairan di dalam tubuh yangberfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.
Komposisi Darah
Darah terdiri daripada beberapa jenis korpuskula yang membentuk 45% bagian dari darah, angka ini dinyatakan dalam nilai hermatokrit atau volume sel darah merah yang dipadatkan yang berkisar antara 40 sampai 47. Bagian 55% yang lain berupa cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah yang disebut plasma darah.

Korpuskula, juga disebut sel darah atau hematosit, adalah salah satu dari tiga jenis sel yang ditemukan dalam darah (eritrosit, leukosit  atau trombosit). Ketiga jenis sel darah ini mengisi sampai 45% dari total volume darah. Sisa 55% volume terdiri dari plasma, unsur cairan dari darah.
1.    Korpuskula darah terdiri dari:
A.  Sel darah merah atau eritrosit (sekitar 99%).
B.  Keping-keping darah atau trombosit (0,6 - 1,0%)
C.  Sel darah putih atau leukosit (0,2%)
2.    Susunan darah serum darah atau plasma terdiri atas:
A.  Air: 91,0%
B.  Protein: 8,0% (Albumin, globulin, protrombin dan fibrinogen)
C.  Mineral: 0.9% (natrium klorida, natrium bikarbonat, garam dari kalsium, fosfor, , kalium dan zat besi,nitrogen, dll)
D.  Garam
3.    Plasma darah pada dasarnya adalah larutan air yang mengandung :
A.  Albumin
B.  Bahan pembeku darah
C.  Immunoglobin (antibodi)
D.  Hormon
E.   Berbagai jenis protein
F.   Berbagai jenis garam
Fungsi Darah
Fungsi utama darah ialah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Selain itu dalam darah terkandung hemoglobin yang berfungsi sebagai pengikat oksigen.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami akan sangat senang jikia anda memberi komentar kepada kami, karena hal demikian lah yang akan membuat kami bisa menjadi lebih baik.. :)